Crazy SEO, Panduan SEO untuk Blogger Pemula

On Page SEO, Praktek dan Cara SEO

Pengertian dari On Page SEO atau sering disebut juga SEO On Page ( dalam Bahasa Indonesia ) merupakan teknik optimasi website dari dalam struktur website untuk mendapatkan peringkat yang tinggi dari search engine dan mendapatkan lalu lintas yang relevan dari search engine seperti Google, Bing, Yandex dan Search Engine lainnya. Penerapan On Page SEO dalam sebuah website harus benar-benar tertarget dan ada keterkaitan antara satu sama lain, artinya penerapan tersebut tidak boleh sembarangan.
Sesuai dengan pengertiannya, bahwa On Page SEO memiliki banyak faktor. Faktor tersebut yaitu :

  1. Struktur Data Website seperti tag div, <body>, <p>, <span> dan lain-lain
  2. Konten Laman
  3. Meta Tag
  4. URL atau Uniform Resources Locator
  5. Title Gambar dan Alt Gambar
  6. Backlink

Dari enam faktor tersebut, semuanya harus ada keterkaitan satu sama lain agar tidak terjadi kesalahan dalam penerapannya nanti.
Untuk dapat lebih memahami enam faktor diatas, sekarang saatnya saya memberi penjelasan yang terperinci dan detail supaya dapat difahami oleh anda yang ingin belajar tentang SEO. On Page SEO adalah salah satu materi seo yang harus dikuasai oleh pemilik website. Tetapi sebelumnya saya harapkan anda sudah membaca atau memahami Pengertian SEO pada Website

Struktur Data Website
Website selalu dibangun dengan bahasa penulisan tersendiri , bahasa penulisan itu seperti php, html, CSS, JavaScript, phyton, aspx dan lain sebagainya. Biasanya, yang umum digunakan adalah html dan php. Jika kita cermati, struktur website memang komplek dan terdiri dari tag pembuka, tag isi dan tag penutup. Tag pembuka dalam bahasa penulisan html diawali dengan kode dan diakhiri dengan kode . Untuk lebih jelasnya struktur website berbasis html seperti dibawah ini :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul WEBSITE</title>
</head>
<body>
Isi Website Disini seperti laman, menu, navigasi dan sebagainya
</body>
</html>

Diatas adalah struktur sedehana sebuah website tanpa penambahan JavaScript dan CSS untuk mempercantik tampilan laman website. Jika pada platform Wordpress, sobat tidak perlu bingung mengenai praktik terbaik On Page SEO karena dibantu dengan plugin dan tools gratis yang disediakan seperti Plugin SEO by Yoast dan banyak lagi, lain halnya pada blog dengan platform blogspot yang tidak didukung oleh plugin sehingga semua penerapannya harus dilakukan secara manual.
on page seo

Konten Laman
Isi atau Konten merupakan bagian yang sangat vital yang harus diperhatikan, karena nyawa sebuah website adalah konten sehingga timbul istilah “Content Is King”, lalu siapa ratunya, patihnya siapa, tentaranya siapa dan sebagainya. Kita bahas nanti.. hehehe. Jadi, tulislah artikel yang berkualitas sesuai standar SEO, tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu panjang.

Meta Tag
Fungsi dari meta tag secara umum adalah untuk memberi tahu mesin pencari tentang isi website. Ada tiga hal yang paling penting dari meta tag ini yaitu Judul, Deskripsi dan Robot.txt dan selanjutnya ikuti panduan Cara Memasang Meta Tag di Blogger agar SEO banget.

URL atau disebut juga Link atau Permalink.
URL atau Uniform Resource Locator adalah karakter suatu format standar yang digunakan untuk menunjukan suatu sumber seperti gambar, video, dan audio di internet. Panduan mengenai praktik penerapan URL yang SEO Friendly bisa sobat baca di dalam artikel Cara Membuat URL / Link SEO Friendly

Gambar
Dalam menulis artikel, tidak lengkap rasanya kalau tanpa gambar. Secara umum, fungsi gambar dalam artkel adalah untuk mempercantik tampilan dan memperjelas apa yang ingin disampaikan. Tapi tahukah anda, bahwa fungsi gambar bisa lebih dari itu, yaitu agar artikel yang kita tulis SEO. Agar pemasangan gambar pada artikel ini lebih SEO lagi, silahkan ikuti panduan Memasang Gambar dalam Artikel Agar SEO Friendly

Backlink
Bagi sebagian pakar SEO, backlink adalah ratunya website, namun sebagian lagi mengatakan bahwa backlink bisa berakibat buruk pada blog. Dulu, ketika pagerank masih berjaya, backlink ini sangat-sangat dikejar oleh para blogger sehingga ada istilah “Jual Beli Backlink”.
Penutup
Sebagai penutup, sebelumnya saya ingin mengucapkan bahwa anda berada di tempat yang paling tepat untuk belajar SEO dari awal, karena blog https://maknaseo.blogspot.co.id ini saya khususkan untuk membahas SEO secara keseluruhan dan kupas tuntas SEO sampai ke akarnya. Harapan saya, semoga artikel tentang Praktek Terbaik On Page SEO ini bermanfaat bagi anda yang ingin belajar SEO secara jelas dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Semuanya akan saya buka rahasia SEO yang sebenarnya. Keep Spirit
Tag : SEO
0 Komentar untuk "On Page SEO, Praktek dan Cara SEO"

Back To Top